UEFA Pastikan Perubahan Format Liga Champions

0
51

Perhatian dunia tertuju kepada Eropa selama 24 jam terakhir. Bagaimana tidak, pembentukan Liga Super Eropa memicu konflik antara 12 tim papan atas Eropa selaku pendiri, dengan pihak UEFA dan FIFA selaku badan resmi sepakbola Eropa dan dunia. UEFA sudah terang-terangan menolak dan kini mereka mengajukan draft terbaru terkait perubahan format untuk Liga Champions sebagai bagian dari respon terhadap Liga Super Eropa.

Pengumuman di situs resmi UEFA menyatakan jika beberapa perubahan akan dilakukan terhadap format kompetisi Liga Champions dan Liga Europa. Perubahan pertama adalah penambahan jumlah tim dari 32 menjadi 36 dengan garansi bermain di 10 laga (8 laga untuk Liga Europa) untuk setiap tim guna menjamin pemasukan. Namun perubahan terpenting adalah terkait format kompetisi itu sendiri.

UEFA memutuskan untuk menghapus fase grup dan menggantikannya dengan sistem liga. Penentuan untuk lolos ke babak 16 besar pun cukup menarik dengan delapan tim teratas di klasemen akan otomatis lolos, sedangkan delapan slot sisanya akan diperebutkan oleh penghuni posisi ke-9 hingga 24 dengan sistem pertandingan dua leg.

Akan tetapi UEFA nampaknya masih belum sepenuhnya siap untuk mengeksekusi rencana mereka tersebut. Sumber yang sama menyatakan jika format baru ini baru siap diluncurkan di musim 2024/25.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini