PSSI Keluarkan SK soal Kelanjutan Liga 1, Gaji Gimana?


PSSI Keluarkan SK soal Kelanjutan Liga 1, Gaji Gimana?
mediaindonesia

PSSI Keluarkan SK soal Kelanjutan Liga 1, Gaji Gimana?

PSSI baru saja mengeluarkan Surat Keputusan (SK) yang membahas kelanjutan Liga 1 dan Liga 2 usai tidak diizinkan bergulir pada Oktober dan November 2020 ini. Selain itu, gaji para pemain juga dibahas dalam SK bernomor SKEP/69/XI/2020 ini.

Ya, memang benar bahwa Liga 1 dan Liga 2 rencana awal bisa kembali dilanjutkan pada Oktober kemarin. Namun hingga November ini, izin dari Kepolisian Republik Indonesia (Polri) tak kunjung didapatkan oleh PSSI dan PT LIB.

Menurut Polri, event olahraga masih belum dibolehkan karena meski komitmen tanpa penonton, keramaian bisa terjadi di titik mana pun di luar stadion saat laga berlangsung. Hal tersebut masih berisiko karena Indonesia masih belum bisa meredam penyebaran COVID-19.

“Pelaksanaan kompetisi sebagaimana tercantum pada ketetapan pertama adalah bulan Februari 2021 dengan memperhatikan ketentuan protokol kesehatan Covid-19 yang ditetapkan oleh pemerintah,” bunyi salah satu poin di SK PSSI tersebut yang menjelaskan kapan kompetisi kembali digelar.

Selain itu, PSSI juga menjelaskan skema gaji para pemain dan pelatih lewat SK terbarunya. Dalam skema tersebut, para pemain dan pelatih Liga 1 masih mendapat sebesar 25 persen dari gaji awal mereka.

“Klub dapat menerapkan kebijakan pembayaran gaji pemain, pelatih, dan ofisial mulai Oktober sampai dengan Desember 2020 dengan pembayaran maksimal 25 persen dari kwajiban yang tertera dalam perjanjian kerja sampai dengan dimulainya kompetisi,” tulis PSSI pada poin empat.

“Apabila kompetisi telah efektif untuk dapat dimulai, maka klub Liga 1 dan Liga 2 dapat melakukan kesepakatan ulang bersama dengan pelatih dan pemain. Perubahan nilai kontrak untuk Liga 1 dengan kisaran 50 persen dan Liga 2 dengan kisaran 60 persen dari nilai kontrak atau sekurang-kurangnya di atas upah minimum regional yang berlaku di masing-masing domisili klub, dan diberlakukan satu bulan sebelum kompetisi dimulai sampai dengan berakhirnya kompetisi yang dimaksud.”

SK tersebut juga menjelaskan bahwa selain Liga 1 dan Liga 2, kompetisi kasta ketiga sepak bola Indonesia alias Liga 3, akan bisa digelar setelah dua kompetisi teratas mendapat izin dari kepolisian.

Previous VIDEO: Inggris vs Islandia 4-0

Next VIDEO: Bosnia vs Italia 0-2

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *