BerandaLiga IndonesiaMitos dan Julukan Klub Liga 1 Indonesia 2019/2020

Mitos dan Julukan Klub Liga 1 Indonesia 2019/2020 [Part 3]

Klub kebanggaan masyarakat Bandung, Persib mempunyai julukan “Maung Bandung”. Seperti yang sudah diketahui, Jawa Barat memang sangat identik dengan hewan Harimau. DImana dalam Bahasa Sunda, Harimau dikenal juga dengan nama “Maung”.

Sosok hewan itulah yang juga sangat identik dengan Prabu Siliwangi, salah seorang raja Pajajaran. Konon, Prabu Siliwangi sangat sakti dan mampu mengubah diri menjadi seekor Harimau atau Maung.

Berdasar cerita tersebut, Kang Ibing salah seorang seniman asal Bandung menciptakan sebuah lagu dengan judul “Jung Maju Maung Bandung”. Sejak saat itulah, Persib Bandung memiliki julukan “Maung Bandung”.

Macan Kemayoran – Persija Jakarta

Rival abadi, Persib Bandung yaitu Persija Jakarta mempunyai julukan “Macan Kemayoran”. Julukan ini berasal dari salah satu Cerita Rakyat tentang pemuda pemberani yang tidak pernah mengenal rasa takut layaknya seekor macan.

Pemuda itu bernama Murtado dari Kemayoran. Murtado memang sangat disegani oleh Pemerintah Hindia Belanda, sebab sangat mahir bela diri. Inilah yang membuat julukan “Macan Kemayoran” begitu melekat pada Murtado dan akhirnya klub Persija Jakarta.

Macan Putih – Persik Kediri

Macan Putih” adalah julukan dari Persik Kediri. Ini diambil dari lambah Kota Kediri itu sendiri. Meskipun begitu, kabarnya Macan Putih adalah jelmaan dari sosok Prabu Jayabaya. Seorang raja ketiga kerajaan Kediri. Dia pun menjadi pemimpin paling berpengaruh dalam dunia peradaban masyarakat Tanah Jawa.

Mutiara Hitam – Persipura Jayapura

Persipura Jayapura mempunyai julukan “Mutiara Hitam”. Ini diambil dari ciri khas masyarakat asli Papua. Sebab mereka memang memiliki tubuh sangat tegap dan bola mata berbinar sekaligus bulu mata sangat penting.

Masyarakat Papua juga identik dengan senyuman manis dengan deretan gigi putih dan sangat rapi. Inilah yang akhirnya membuat Persipura Jayapura memperoleh julukan “Mutiara Hitam”.

Laskar Rencong – Persiraja Banda Aceh

Persiraja Banda Aceh memiliki sebutan “Laskar Rencong”. Nama ini merujuk pada sebuah senjata tradisional masyarakat Aceh yaitu Rencong.

Senjata itu juga menjadi identitas masyarakat Aceh yang dikenal berani dan tangguh. Julukan ini diberikan agar para pemain Persiraja Banda Aceh tampil tangguh dan berani dalam setiap pertandingan yang mereka hadapi.

Pendekar Cisadane – Persita Tangerang

Persita Tangerang adalah klub berjuluk “Pendekar Cisadane”. Nama Cisadane sendiri adalah sebuah sungai yang mempunyai hulu di Gunung Pangrango dan berakhir di Laut Jawa.

Sungai itu melintasi Kota Tangerang dan menjadi markas Persita. Sementara Pendekar Cisadane sendiri adalah seorang tokoh cerita rakyat. Kabarnya, dia mampu menaklukan terror Ratu Siluman Buaya yang tinggal di Sungai Cisadane.

Devinahttps://liputanbola.id
Saya cuma seperti kebanyakan abg perempuan pada umumnya. Tapi mungkin karena kebanyakan teman saya adalah laki-laki yang gemar olahraga sepakbola, jadinya saya juga lebih kurang, lumaya tau lah soal perkembangan beberapa liga bola internasional.
Berita Bola Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini