Mitos dan Julukan Klub Liga 1 Indonesia 2019/2020 [Part 2]


Mitos dan Julukan Klub Liga 1 Indonesia 2019/2020 [Part 2]

Mitos dan Julukan Klub Liga 1 Indonesia 2019/2020 [Part 2]

Selanjutnya adalah The Guardians, julukan untuk salah satu klub jawara Liga 1 beberapa musim lalu, Bhayangkara FC. Guardians sendiri dalam Bahasa Inggris mempunyai arti seorang malaikat penjaga atau pelindung.

Nama Guardians sendiri merujuk pada Kepolisian RI (Republik Indonesia) yaitu pemilik dari klub Bhayangkara FC. Dimana Polri mempunyai motto “melayani, mengayomi, sekaligus melindungi seluruh masyarakat di Indonesia”.

Pesut Etam – Borneo FC

Laskar Pesut Etam merupakan julukan yang diberikan untuk klub Borneo FC. Ini merujuk dari hewan mamalia langka yang hidup di kawasan Sungai Mahakam. Sebuah sungai yang sangat identik sekaligus ikon dari Kota Samarinda sebagai markas Borneo FC.

Etam sendiri mempunyai arti kami. Jadi seandainya digabung, Pesut Etam mempunyai arti Borneo FC adalah kebanggaan masyarakat Samarindah. Sama halnya dengan Pesut (Seekor ikan lumba-lumba di air tawar).

Laskar Sape Kerap – Madura United

Madura United adalah salah satu klub kebanggaan masyarakat Madrua, Jawa Timur. Klub ini mempunyai julukan “Laskar Sape Kerap”.

Nama tersebut merujuk dari identitas daerah Madura. Sape Kerap adalah salah satu tradisi asli masyarakat Madura. Yaitu sebuah kesenian karapan sapi yang ditunggangi oleh seorang joki.

Julukan ini mempunyai filosofi, jika jatuh, segera bagung. Hilang bola, rebut, ketinggalan, maka kejar!

Bajol Ijo – Persebaya Surabaya

Persebaya Surabaya sangat akrab dengan julukan Bajul Ijo. Yang artinya adalah seekor buaya dengan warna hijau. Seperti yang sudah diketahui, Surabaya memang salah satu kota dengan lambah ikan Sura dan seekor Buaya. Ini juga sesuai dengan nama Kota Surabaya yang merupakan hasil kombinasi 2 buah kata yaitu Suro = Hiu dan Boyo = Buaya.

Pastinya, ada makna mendalam dalam pemberian julukan Bajol Ijo. Terlebih supaya Persebaya Surabaya selalu tampil ganas seperti layaknya seekor buaya dalam setiap pertandingan.

Laskar Joko Tingkir – Persela Lamongan

Persela Lamongan mempunyai julukan “Laskar Joko Tingkir”. Nama ini diambil dari 2 buah kata yaitu Laskar yang artinya adalah tentara atau pasukan. Sementara Joko Tingkir merupakan sosok legenda di Pulau Jawa.

Joko Tingkir sendiri adalah nama lain dari raja pertama kerajaan Pajang yang ada di Demak, Jawa Tengah yaitu Sultan Hadiwijaya.

Menurut H. Masfuk, Bupati Kota Lamongan 2000 – 2010, Persela Lamongan memutuskan untuk memilih julukan tersebut karena ada peninggalan Joko Tingkir. Masyarakat Lamongan selalu berharap Persela bisa tampil seperti Joko Tingkir. Dimana dia awalnya hanyalah seorang anak dalang hingga akhirnya menjadi seorang raja.

Previous Mitos dan Julukan Klub Liga 1 Indonesia 2019/2020 [Part 3]

Next Mitos dan Julukan Klub Liga 1 Indonesia 2019/2020 [Part 1]

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *