Lolos Ke 16 Besar, Inggris Melenggang Tanpa Harus Berlaga

0
149

Inggris melenggang ke babak 16 besar Euro 2020 meski belum memainkan laga ketiga mereka di Grup D melawan Republik Ceko malam nanti.

Keberhasilan tim besutan Gareth Southgate lolos ke fase knockout tak bisa dilepaskan dari hasil minimalis yang diraih Finlandia dan Ukraina di Grup B dan C.

Finlandia dan Ukraina gagal meraih poin maksimal, yang berarti perolehan poin final mereka saat ini adalah tiga angka. Jumlah tersebut tak cukup baik untuk bisa mengungguli pendapatan Inggris, yang hingga matchday kedua mereka di Grup D, sudah mengumpulkan empat poin.

Sesuai regulasi yang dikeluarkan UEFA, empat tim penghuni peringkat tiga terbaik dari enam grup yang berkompetisi bisa lolos ke 16 besar. Bila melihat klasemen akhir di Grup B dan C, di mana penghuni peringkat tiga masing-masing grup, Finlandia dan Ukraina, hanya bisa meraih tiga poin, perolehan poin Inggris tentunya jauh lebih baik dan memenuhi syarat tersebut.

Karena itu, terlepas dari hasil apapun yang diraih pada laga melawan Republik Ceko malam nanti, Inggris sudah memastikan diri lolos ke fase knockout Euro 2020.

Saat ini, Inggris telah mengoleksi empat poin, hasil dari satu kemenangan dan satu kali imbang di Grup D. Inggris membutuhkan kemenangan untuk bisa menjadi juara Grup D dan hasil positif untuk bisa finis di posisi atas.

Tapi, jika memang mengalami kekalahan, tim besutan Gareth Southgate tetap lolos karena mendapatkan jatah sebagai salah satu penghuni peringkat tiga terbaik.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini