Liga Inggris: Arsenal Bantai Tottenham di Emirates

0
58

Derby London Utara yang mempertemukan antara Arsenal menjamu Tottenham secara mengejutkan mampu dimenangi oleh tim tuan rumah. Anak asuh Mikel Arteta tanpa kesulitan menggilas tamu mereka dengan skor telak 3-1. Penyerang muda, Bukayo Saka menjadi bintang dengan torehan satu assist dan satu gol.

Arsenal sudah langsung tancap gas sejak awal laga. Hanya 12 menit waktu yang mereka butuhkan sebelum mencetak gol pertama lewat gelandang muda, Emile-Smithe Rowe. Pemain Inggris tersebut mengkonversi sempurna umpan matang yang diberikan oleh Saka yang sebelumnya sukses mengungguli Sergio Reguilon. Skor 1-0 untuk Arsenal.

Skor bisa berubah menjadi 2-0 untuk Arsenal di menit ke-15, namun sepakan keras Thomas Partey masih bisa diselamatkan oleh kiper Hugo Lloris. Akan tetapi keberuntungan Lloris tidak bertahan lama karena di menit ke-27 Granit Xhaka menginisiasi serangan balik dengan melepas Smith-Rowe yang melepas umpan tarik untuk diubah menjadi gol oleh Pierre-Emerick Aubameyang. Skor 2-0 Arsenal menggandakan keunggulan.

Gol Aubameyang bukannya membuat Tottenham terlecut, mereka justru makin tidak berdaya. Pasalnya di menit ke-34, skor malah berubah menjadi 3-0 setelah Saka akhirnya turut mencetak gol via aksi individu menawan yang menundukkan pertahanan Tottenham. Skor 3-0 Arsenal tidak lagi terkejar.

Kesempatan terbaik Arsenal di babak pertama hadir lewat harry Kane di menit ke-37. Berawal dari sepak pojok, Kane berhasil memenangi duel dengan Ben White dan menyambar bola lewat sundulan. Sayangnya upayanya masih meleset. Skor 3-0 untuk Arsenal menjadi akhir babak pertama.

Situasi tidak banyak berubah di babak kedua. Namun Tottenham mulai bermain agresif kendati tidak mendapat banyak kesempatan. Di menit ke-60 gawang Arsenal hampir bobol, lagi-lagi lewat Kane yang memaksa kiper Aaron Ramsdale membuat penyelamatan krusial. Gol yang dinantikan Tottenham baru tercipta di menit ke-79. Diawali oleh kerja sama Bryan Gil dan Reguilon, umpan diberikan kepada Son Heung Min yang berada di kotak penalti. Penyerang Korea Selatan tersebut tanpa ragu menceploskan bola ke gawang Arsenal. Skor 3-1 Tottenham membuka harapan.

Akan tetapi gol Son nyatanya menjadi yang terakhir di laga tersebut. Kemenangan 3-1 cukup untuk membuat Arsenal kini menduduki posisi ke-10 dengan raihan sembilan poin. Hebatnya mereka melampaui Tottenham yang melorot ke posisi 11. Keduanya meraih poin setara, namun Arsenal unggul head to head.


Arsenal (4-2-3-1): Ramsdale – Tierney, Gabriel, White, Tomiyasu – Xhaka (Lokonga 82′), Thomas – Smith-Rowe (Tavares 88′), Odegaard, Saka (Maitland-Niles 87′) – Aubameyang | Manajer: Mikel Arteta.

Tottenham (4-3-3): Lloris – Reguilon, Dier, Sanchez, Tanganga (Emerson 46′) – Alli (Skipp 46′), Hojbjerg, Ndombele (Gil 70′) – Son, Kane, Moura | Manajer: Nuno Espirito Santo.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini