Liga Champions: Liverpool Pesta Gol di Kandang FC Porto

0
69

Liverpool melanjutkan tren kemenangan mereka di fase grup Liga Champions 2021/22. Bertandang ke markas wakil Portugal, FC Porto, anak asuh Jurgen Klopp berhasil menang meyakinkan dengan skor 5-1.

Dominasi Liverpool sudah kentara sejak awal laga. Namun gol yang dinanti-nanti baru tercipta di menit ke-18. Curtis Jones menusuk ke dalam kotak penalti Porto sebelum melepas sepakan keras yang gagal ditepis sempurna oleh Diogo Costa. Bola muntah mendarat di kaki Mo Salah yang menceploskannya ke gawang Porto. Skor 1-0 Liverpool unggul.

Liverpool hampir menggandakan keunggulan mereka di menit ke-26. Kombinasi Sadio Mane dan Andrew Robertson memberi kesempatan bagi Diogo Jota untuk melepas tendangan yang masih ditepis oleh Costa. Namun bola muntah kembali disambar oleh Jota, yang lagi-lagi diselamatkan Costa.

Dua menit sebelum babak pertama berakhir, giliran James Milner yang menguji kepiawaian Costa lewat tendangan bebas tepat sasaran. Namun kiper 22 tahun tersebut akhirnya menyerah di menit ke-45. Umpan silang Milner gagal ditangkap oleh Costa dan malah jatuh ke kaki Mane. Penyerang Senegal itu pun tanpa ragu mengoyak gawang kosong Porto. Skor 2-0 Liverpool mengakhiri babak pertama.

Pengepungan Liverpool tidak berhenti di babak kedua. Laga baru berjalan lima menit, namun Robertson sudah memaksa Costa membuat penyelamatan. Namun di menit ke-60 gawang Porto akhirnya kembali bobol. Mo Salah mencetak gol keduanya memanfaatkan umpan dari Curtis Jones yang merebut bola dari para bek Porto. Skor 3-0 Liverpool tak terkejar.

Harapan tuan rumah sempat muncul di menit ke-74. Berawal dari umpan lambung Fabio Vieira, Mehdi Taremi yang tidak terkawal menyundul bola dari jarak dekat tanpa ada kesempatan bagi Alisson untuk membuat penyelamatan. Skor 3-1 Porto memperkecil ketertinggalan.

Sayangnya optimisme Porto sirna hanya dalam tiga menit. Di menit ke-77, Firmino yang masuk menggantikan Salah, turut mencetak gol setelah memanfaatkan kesalahan Costa yang keluar dari gawangnya. Skor 4-1 Liverpool kembali menjauh.

Berselang empat menit, Liverpool memastikan kemenangan setelah Firmino mencetak gol keduanya malam itu. Berawal dari tembakan Curtis Jones yang diblok oleh Fabio Cardoso, bola malah jatuh ke kaki Firmino yang langsung menceploskannya ke gawang FC Porto untuk membuat Liverpool unggul 5-1.

Tak ada gol tambahan di delapan menit terakhir pertandingan. Skor 5-1 cukup untuk membuat Liverpool bercokol di puncak klasemen Grup B dengan enam poin dari dua laga. Mereka unggul dua poin dari penghuni posisi kedua, Atletico Madrid yang sebelumnya mengalahkan AC Milan 2-1.


FC Porto (4-4-2): Costa – Sanusi, Marcano, Cardoso, Corona – Oliveira, Uribe, Diaz, Martinez – Otavio, Taremi | Pengganti: Grujic, Vieira, Wendell, Pepe, Vitinha | Pelatih: Sergio Conceicao.

Liverpool (4-3-3): Alisson – Milner, Matip, van Dijk, Robertson – Jones, Fabinho, Henderson – Salah, Jota, Mane | Pengganti: Origi, Oxlade – Chamberlain, Minamino, Gomez, Firmino | Manajer: Jurgen Klopp.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini