BerandaLiga InggrisIni yang Dipelajari Mikel Arteta dari Kesuksesan Liverpool

Ini yang Dipelajari Mikel Arteta dari Kesuksesan Liverpool

Mikel Arteta mengaku belajar dari kesuksesan Liverpool menjuarai Liga Inggris. Menurutnya, The Reds sudah selaras dalam hal filosofi dan pemilihan pemain.

Liverpool berhasil mengunci gelar juara Premier League pada Jumat (26/6/2020), dengan menyisakan tujuh pertandingan yang belum dimainkan. Ini menjadi titel liga pertama Liverpool dalam 30 tahun terakhir.

Klopp dinilai terapkan filosofi permainan yang pas

Sosok Juergen Klopp dianggap berperan besar merombak Liverpool dari masa-masa sulit menuju puncak kejayaan. Sejak direkrut ke Anfield pada 2015, dia mengubah cara bermain The Reds dan merekrut pemain-pemain yang cocok dengan filosofi permainannya.

Kemampuan Klopp mentransformasi Liverpool dengan gaya permainan sesuai filosofinya itu yang ingin diadaptasi Arteta bersama Arsenal. Menurutnya, The Gunners bisa mencontoh cara Liverpool meraih sukses dengan filosofi jelas dan keputusan tepat dalam merekrut pemain.

‘Liverpool adalah contoh bagus untuk melihat jika hal tersebut memungkinkan. Namun itu membutuhkan banyak pekerjaan dan keputusan yang tepat dari semua orang,’ kata Arteta, dilansir dari Mirror.

‘Pertama-tama, anda perlu percaya pada apa yang anda lakukan dan melihat jika anda semua selaras dengan keyakinan itu. Dari sana anda mulai membuat keputusan yang tepat, dalam hal rekrutmen, untuk mendapatkan pelatih yang mengidentifikasi filosofi yang dibutuhkan untuk klub dan dipercaya oleh para penggemar,’ Arteta menambahkan.

‘Kemudian anda membutuhkan pemain yang 100 persen berkomitmen kepada manajer dan klub untuk memberikan yang terbaik setiap waktu. Anda harus bertanya tipe pemain seperti apa yang mau anda rekrut? Apakah dia cocok dengan budaya klub?’.

‘Setelah itu dari segi kualitas, posisi, apa saja yang dibutuhkan? Perlahan anda mulai bersaing dan menjadi lebih baik. Papan klasemen menunjukkan seberapa jauh kami melangkah saat ini,’ ujarnya.

Arteta terkesan dengan cara Klopp rekrut pemain

Kemudian, menurut Arteta, memiliki pemain yang 100 persen berkomitmen pada manajer itu, kepada klub sepak bola itu untuk memberikan yang terbaik sepanjang waktu. Secara perlahan tim akan mulai mengejar dan mulai menjadi lebih baik.

‘Kemudian Anda mulai melakukan perbaikan dan menghasilkan kepercayaan. Ketika Anda memiliki orang-orang dan sejarah serta penggemar yang kami miliki, Anda dapat melakukan apa saja, saya memiliki keyakinan yang kuat dalam hal itu,’ ujarnya.

Apa yang paling mengesankan bagi Arteta adalah cara Liverpool tampil di bursa transfer, tidak hanya mendapatkan pemain dengan kemampuan yang tepat tetapi juga karakter yang tepat.

‘Anda harus menyesuaikan keseimbangan pasukan dengan memiliki sedikit campuran dari segalanya,’ kata dia.

Mulai dari segi kepribadian, kualitas seperti fisik, kemampuan teknis atau kekhususan untuk posisi tertentu. Bahkan, kata dia, fase pemain dari sejak memulai kariernya pun penting untuk diidentifikasi.

‘Apakah mereka dalam fase pengembangan, apakah mereka dalam fase senja, apakah mereka dalam fase besar? Apa yang kamu butuhkan? Dan sejak saat itu, Anda mulai membuat keputusan yang tepat,’ ujarnya.

Melissahttps://liputanbola.id
Olahraga sepak bola merupakan cabang olahraga yang paling penting buat Saya.. Bahan pembicaraan buat dijadikan berita itu, tidak ada habisnya.. soo.. jangan ketinggalan informasi terupdate buat hari ini ya... stay tune Gan ~
Berita Bola Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini