BerandaLiga Eropa LainnyaLiga ChampionsEuropa Conference League, Solusi untuk Klub seperti Arsenal

Europa Conference League, Solusi untuk Klub seperti Arsenal

Europa Conference League (UECL) merupakan kompetisi yang baru saja diluncurkan UEFA. Kompetisi ini kabarnya bisa menjadi solusi untuk tim-tim yang suka kepeleset, seperti Arsenal.

Kompetisi ini bisa dibilang mirip dengan turnamen yang diselenggarakan oleh UEFA pada era 90-an. Tentu akrab di telinga para pecinta sepak bola, Piala Winner atau Intertoto Cup.

Kompetisi ini akan mirip seperti kedua turnamen yang sudah tidak ada sejak akhir 2000 silam. Dengan berada di level ketiga dalam piramida kompetisi sepak bola Eropa, di bawah Liga Champions dan Liga Europa.

Kompetisi ini akan dimulai sejak fase grup dengan total sebanyak 32 tim yang bersaing. Tapi uniknya adalah tidak ada tim dari negara mana pun yang bisa langsung lolos ke fase grup.

Total jika dihitung, terdapat 184 tim dari berbagai asosiasi negara sesuai jatah tiket harus berjibaku dari babak kualifikasi pertama hingga putaran final demi mendapat tempat di fase grup.

Dari 32 tim yang nantinya berhasil masuk ke fase grup, terdapat 22 klub berasal dari kualifikasi dan sisanya 10 klub yang gugur di play-off Liga Europa.

Lantas 184 tim yang berlaga sejak babak kualifikasi berasal dari mana? Kompetisi ini memiliki jatah tiket yang lebih ramah dengan asosiasi sepak bola negara yang memiliki peringkat rendah di dunia.

Dengan jatah tiket dari masing-masing negara sebagai berikut:

  • Asosiasi Peringkat 1-5 hanya dapat satu tim
  • Urutan peringkat 6-15 dan 51-55 dapat jatah dua tim
  • Asosiasi peringkat 16-50 mendapat jatah tiga tim
Europa Conference League, Solusi untuk Klub seperti Arsenal
Jan Sepele Manalu
Football Addict, Jago FIFA, Suka Main Football Manager. Mantan jurnalis sebuah portal berita olahraga dengan spesialisasi sepak bola. Suka menulis informasi berita, feature, semi-analisis atau analisis panjang tentang sepak bola. Sedari lahir sudah Romanisti. Forza Roma.
Berita Bola Lainnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini