Euro 2020: Taklukkan Ceko, Inggris Melaju ke 16 Besar

0
74

Inggris harus menang susah payah kala menjamu Republik Ceko pada laga terakhir Grup D Euro 2020. Bermain di Wembley, London, anak asuh Gareth Southgate akhirnya menang lewat gol tunggal Raheem Sterling.

Sejak awal laga, Inggris sudah berupaya mengejar gol cepat. Terbukti dengan Sterling yang menerobos ke kotak penalti Republik Ceko di menit ke-2 setelah mendapat bola dari Luke Shaw. Namun sepakan chip nya hanya mengenai mistar gawang.

Baru di menit ke-12 Inggris benar-benar unggul. Jack Grealish melepas umpan crossing yang tidak berhasil ditangkap oleh kiper Thomas Vaclik. Alhasil Sterling menyambar bola tersebut lewat sundulan untuk mengubah kedudukan menjadi 1-0.

Republik Ceko bukannya tanpa kesempatan. Di menit ke-28 mereka punya kesempatan emas kala Tomas Holes melewati hadangan Bukayo Saka. Namun tembakan Holes bisa ditepis Jordan Pickford. Tujuh menit kemudian Janit Janko hampir saja membobol gawang Inggris, beruntung umpan akurat dari Jan Boril terlebih dahulu diintersepsi oleh Luke Shaw.

Kane bisa saja menggandakan keunggulan Inggris di menit ke-43. Menerima umpan dari Saka, sang kapten sudah berhadapan satu lawan satu dengan Vaclik. Namun sepakannya masih bisa ditepis oleh kiper Sevilla tersebut. Babak pertama pun ditutup dengan keunggulan Inggris.

Sayangnya jual beli serangan tidak terulang di babak kedua. Ancaman krusial dari Republik Ceko baru muncul di menit ke-83. Diawali dari tepisan tidak sempurna Pickford atas tembakan Adam Hlozek, bola muntah diterima oleh Thomas Soucek yang memberikannya kepada Tomas Pekhart. Ironisnya sepakan Pekhart justru melenceng tipis.

Di menit ke-86 Wembely dibuat bergemuruh ketika Jordan Henderson sukses mengkonversi umpan dari Jude Bellingham. Namun gol yang semestinya menjadi gol pertama Hendo untuk Inggris tersebut justru dianulir karena dianggap offside.

Aksi Henderson menjadi yang terakhir pada pertandingan ini. Kemenangan 1-0 cukup untuk membuat Inggris memuncaki Grup D Euro 2020 dan lolos ke 16 besar. Mereka ditemani oleh Kroasia sebagai runner up yang di waktu bersamaan menundukkan Skotlandia 3-1.


Republik Ceko (4-2-3-1): Vaclik – Boril, Kalas, Celustka, Coufal – Soucek, Holes (Vydra 84′) – Jankto (Sevcik 46′), Darida (Kral 64′), Masopust (Hlozek 64′)- Schick (Pekhart 75′).

Inggris (4-2-3-1): Pickford – Shaw, Maguire, Stones (Mings 79′), Walker – Rice (Henderson 46′), Philips – Sterling (Rashford 67′), Grealish (Bellingham 68′), Saka (Sancho 84′)- Kane.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini