Euro 2020: Dua Gol Bunuh Diri Loloskan Spanyol ke 16 Besar

0
83

Kemenangan telak dicatatkan Spanyol di laga terakhir Grup E Euro 2020 melawan Slovakia. Anak asuh Luis Enrique berhasil menang telak 5-0, sekaligus memastikan satu tempat di babak 16 besar.

Tak butuh waktu lama bagi Spanyol untuk mengambil inisiatif serangan. Di menit ke-5 Alvaro Morata sudah menguji kiper Martin Dubravka kala sepakannya dari sisi kiri ditepis oleh kiper Newcastle United tersebut.

Spanyol lagi-lagi membuang kesempatan emas di menit ke-11. Pelanggaran Jakub Hromada kepada Koke di kotak penalti Slovakia membuat wasit menunjuk titik putih. Namun Morata yang ditunjuk sebagai algojo gagal menundukkan Dubravka.

Gawang Slovakia terus berada dalam tekanan di 15 menit kemudian di antaranya dari upaya Pedri, Pablo Sarabia, dan Morata. Namun justru nasib sial Slovakia yang akhirnya memberi Spanyol keunggulan. Pasalnya di menit ke-30 Dubravka membuat kesalahan dengan menepis bola sepakan Sarabia ke gawangnya sendiri. Alhasil Spanyol unggul 1-0.

Ketika babak pertama nampak akan berakhir 1-0 untuk Spanyol, Tim Matador justru menambah keunggulan di menit ke-45+3. Diawali oleh sepak pojok Koke, bola disambut sundulan Gerard Moreno yang diteruskan menjadi gol oleh Aymeric Laporte. Babak pertama ditutup dengan Spanyol yang unggul 2-0.

Alih-alih bangkit, babak kedua justru makin buruk bagi Slovakia. Di menit ke-56 gawang Dubravka kembali bobol. Kali ini lewat sepakan Sarabia yang mengkonversi sempurna umpan Jordi Alba. Sebelas menit setelah mencetak gol, Sarabia berbalik menjadi aktor denganĀ assistĀ nya untuk gol Ferran Torres. 4-0 Spanyol makin mengganas.

Slovakia otomatis dibuat tak berdaya. Sama sekali tidak ada ancaman dari anak asuh Stefan Tarkovic. Justru di menit ke-71, Slovakia kembali mencetak gol bunuh diri. Kali ini gelandang Juraj Kucka yang membobol gawang Dubravka setelah terlibat polemik dengan Pau Torres di muka gawang.

Skor 5-0 bertahan hingga peluit panjang dibunyikan. Sayangnya skor telak kontra Slovakia tidak cukup bagi Spanyol untuk menduduki posisi puncak Grup E Euro 2020. Pasalnya Swedia menang 3-2 atas Polandia di laga lainnya dan lolos sebagai pemuncak grup dengan koleksi tujuh poin. Alhasil Spanyol harus puas duduk di posisi kedua.


Slovakia (4-2-3-1): Dubravka – Hubocan, Skriniar, Slatka, Pekarik – Hromada, Kucka – Mak, Hamsik, Haraslin – Duda | Pengganti: Lobotka, Duris, Weiss, Suslov, Benes.

Spanyol (4-3-3): Simon – Alba, Laporte, Garcia, Azpilicueta – Pedri, Busquets, Koke – Moreno, Morata, Sarabia | Pengganti: F. Torres, Thiago, P. Torres, Traore, Oyarzabal.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini