Euro 2020: Imbangi Prancis, Portugal Tetap ke 16 Besar

0
101

Laga sengit terjadi di Ferenc Puskas Arena, Budapest yang mempertemukan dua finalis Euro 2016, Portugal dan Prancis. Laga tersebut berakhir dengan skor 2-2 dengan tiga penalti dihadiahkan sepanjang laga.

Diprediksi bakal ketat, laga antara Portugal dan Prancis malah cenderung lambat. Kesempatan nyata baru muncul dari pihak Les Bleus di menit ke-16. Adalah Kylian Mbappe yang secara cerdik menerobos kotak penalti Portugal untuk menyambut umpan Paul Pogba. Sayang kiper Rui Patricio cukup cekatan untuk menggagalkan aksi striker PSG tersebut.

Alih-alih kembali mengancam, Prancis malah diganjar penalti di menit ke-27. Hal ini disebabkan karena kiper Hugo Lloris yang nampak melanggar Danilo kala keduanya berupaya menggapai tendangan bebas Joao Moutinho. Cristiano Ronaldo yang maju sebagai algojo melaksanakan tugasnya dengan baik. 1-0 Portugal unggul.

Di akhir babak pertama, Portugal yang merasakan pahitnya penalti. Tepatnya di menit ke-45, Mbappe dijatuhkan oleh Nelson Semedo di muka gawang Portugal. VAR menyatakan pelanggaran terjadi dan Karim Benzema mengeksekusi sempurna penalti yang diberikan. Babak pertama ditutup dengan skor imbang 1-1.

Di babak kedua tempo permainan kedua tim meningkat, terutama Prancis. Terbukti dengan Les Bleus yang sudah unggul 2-1 di menit ke-47 setelah Mbappe mengkonversi umpan terobosan Pogba. Namun, Portugal membalas di menit ke-58. Presnel Kimpembe dianggap handball kala menghadang sepakan Ronaldo. Penalti pun dijatuhkan dan Ronaldo membuat skor menjadi 2-2.

Portugal hampir saja kembali tertinggal di menit ke-68 jika bukan karena Rui Patricio. Kiper veteran tersebut melakukan double save, pertama dari sepakan jarak jauh Pogba, yang langsung disusul sepakan Griezmann kala menyambar bola muntah.

Di masa injury time, drama sempat terjadi ketika Kingsley Coman terlihat melanggar Bruno Fernandes di kotak penalti Portugal. Para pemain Portugal menuntut penalti, namun VAR menyatakan tak ada pelanggaran. Keputusan tersebut sekaligus menutup laga dengan skor 2-2.

Hasil tersebut memupus harapan Portugal untuk lolos otomatis ke 16 besar. Pasalnya mereka kalah head to head dari Jerman yang menempati posisi kedua pasca imbang 2-2 kontra Hungaria. Sedangkan Prancis menempati posisi puncak dengan lima poin. Portugal masih punya kans lolos tergantung dari statistik mereka dibanding para penghuni posisi ke-3 lainnya.


Portugal: Patricio, Guerreiro, Pepe, Dias, Semedo, Sanches, Danilo, Moutinho, Jota, Ronaldo, Silva | Pengganti: Palhinha, Neves, Sergio Oliveira, Dalot, Fernandes

Prancis: Lloris, Kounde, Varane, Kimpembe, Hernandez, Pogba, Kante, Tolisso, Griezmann, Mbappe, Benzema | Pengganti: Sissoko, Digne, Coman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini