Kerugian Barcelona Musim Lalu Capai 481 Juta Euro

0
49

Fakta baru terkait kondisi finansial Barcelona baru saja terungkap. Hal ini menyusul pengumuman resmi dari pihak klub pasca audit yang dilakukan terhadap neraca keuangan mereka. Hasil audit tersebut menunjukkan jika El Barca mengalami kerugian 481 juta euro sepanjang musim 2020/21 silam.

Tidak sesuainya proyeksi pemasukan berbanding pengeluaran sangat kentara. Pasalnya Barcelona merencanakan pemasukan di kisaran 828 juta euro musim lalu. Akan tetapi pada akhirnya mereka hanya mendapat pemasukan 628 juta euro dengan pengeluaran 1,1 milyar euro, yang membuat defisit mencapai angka 481 juta euro.

Uniknya, pandemi COVID-19 tidak terlalu berperan dalam kerugian yang diderita Barcelona. Kendati pandemi memangkas sejumlah potensi pemasukan seperti tiket pertandingan dan tur fasilitas klub, namun hasil audit menunjukkan jika itu semua hanya merugikan Barcelona sebesar 92 juta euro. Itu berarti Barcelona akan tetapi menderita kerugian 390 juta euro jika pandemi tidak terjadi.

Pengeluaran klub yang tidak terkontrol menjadi penyebab utama defisit parah yang diderita El Barca. Pengeluaran Barcelona musim lalu naik 19% dibanding musim 2019/20, kendati kondisi finansial klub buruk. Hingga saat ini Barcelona memiliki total lebih dari 1 milyar euro dengan rincian 680 juta utang setelah pajak dan 533 juta euro utang kepada bank. Jumlah tersebut masih bisa bertambah dan secara teknis Barcelona sudah dianggap bangkrut oleh pemerintah Spanyol.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini