Connect with us

Bolamezzo

Sejarah, Wanita Arab Diperbolehkan Nonton Sepak Bola di Stadion

Sejarah, Wanita Arab Diperbolehkan Nonton Sepak Bola di Stadion


RIYADH – Ini adalah hari bersejarah bagi Arab Saudi yang mempunyai stadiun King Abdullah Sport City di Jeddah. Pasalnya, untuk pertama kali stadion tersebut terbuka bagi wanita Arab Saudi yang ingin menyaksikan pertandingan sepak bola profesional. Pertandingan yang disajikan adalah klub al Ahli melawa al-Batin.

Seiring berjalannya waktu, media sosial telah ramai dengan gambar yang menunjukkan persiapan menjelang pertandingan. Sebuah tanda telah ditempatkan untuk menunjukkan pintu masuk wanita dan bahkan termasuk bagian merokok. Bagian khusus telah diberikan untuk wanita yang merokok sesuai dengan gambar.

Menurut laporan, wanita akan diizinkan untuk pertama kalinya dengan tempat duduk di “bagian keluarga” seperti dikutip dari laman Al Araby, Jumat (12/1/2018).

Untuk mempersiapkan perubahan tersebut, pihak kerajaan telah menetapkan “bagian keluarga” di tribun wanita. Stadion juga dilengkapi dengan toilet wanita dan pintu masuk terpisah serta tempat parkir untuk penonton wanita. Pada hari Sabtu, stadion nasional di ibu kota, Riyadh, akan membuka gerbang bagi wanita untuk menonton pertandingan sepak bola.

Pengumuman bahwa Arab Saudi akan mengizinkan keluarga memasuki tiga stadion olahraga dibuat tahun lalu, dalam sebuah langkah penting yang membuka tempat khusus laki-laki untuk keluarga.

Pengumuman tersebut sejalan dengan dorongan reformasi ambisius Pangeran Mohammed bin Salman yang mengguncang kerajaan tersebut, termasuk keputusan untuk mengizinkan perempuan mengemudi dari bulan Juni mendatang.

“Memulai persiapan tiga stadion di Riyadh, Jeddah dan Damman siap untuk menampung keluarga mulai awal 2018,” Otorita Olahraga Umum mengatakan di Twitter.

Sebulan sebelumnya, pihak berwenang telah mengizinkan ratusan wanita untuk memadati stadion olahraga di Riyadh, yang sebagian besar digunakan untuk pertandingan sepak bola, untuk pertama kalinya menandai hari nasional Arab Saudi.

Arab Saudi mengubah peraturan sebagai bagian dari rencana “Vision 2030” untuk reformasi ekonomi dan sosial, yang bertujuan untuk meningkatkan lapangan kerja perempuan.

Pada bulan November 2017, Kejuaraan Wanita Jeddah menyelenggarakan turnamen bola basket wanita pertama di Arab Saudi, yang diadakan di Stadion Al Jawhara.

Sebuah tim dari Universitas Sains dan Teknologi di Jeddah memenangkan kompetisi dengan kehadiran lebih dari 3.000 wanita, di antaranya pesenam dan petinju.

Dalam sebuah wawancara dengan Al Arabiya.net, Dina Arif, pemilik sebuah inisiatif kesadaran akan kanker payudara, menyelenggarakan acara tersebut bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan dan Otoritas Umum untuk Olahraga guna meningkatkan kesadaran di kalangan wanita tentang pentingnya olahraga dan hidup sehat.

(ian)



Source link

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in Bolamezzo