Connect with us

Piala Dunia 2018

PREVIEW Piala Dunia 2018 Grup B: Portugal vs Spanyol

PREVIEW Piala Dunia 2018 Grup B: Portugal vs Spanyol

Spanyol menjadi sorotan lantaran memecat pelatih Julen Lopetegui beberapa hari jelang laga pembuka, namun mereka tetap perlu diwaspadai.

Kejutan besar terjadi pada Rabu (13/6) kemarin setelah Spanyol memecat pelatih Julen Lopetegui. Kejadian tersebut sama sekali tidak terbayangkan sebelumnya lantaran mereka tengah bersiap untuk membuka Piala Dunia 2018 melawan Portugal di Sochi pada Sabtu (16/6) dini hari WIB.

Seperti diketahui, pemecatan Lopetegui kemarin didasari fakta bahwa ia menerima pekerjaan dari Real Madrid sehari sebelumnya, dan kondisi itu mengundang keresahan dan dikhawatirkan bisa mengganggu konsentrasi Spanyol. Akan tetapi, Federasi Sepakbola negara tersebut (RFEF) langsung bergerak cepat dengan menunjuk Fernando Hierro sebagai pelatih tetap dan akan membawa La Roja mengawali turnamen.

Terlepas kekacauan ini, Spanyol tetap perlu diwaspadai mengingat mereka punya deretan pemain berkualitas yang tampil di kompetisi kasa tertinggi seperti dari Real Madrid, Barcelona sampai Atletico Madrid.


Hierro akan memimpin Spanyol di Piala Dunia 2018.

 

Beberapa pemain yang ada di tim Spanyol saat ini juga pernah menjadi juara dunia di edisi 2010 silam di Afrika Selatan, di mana waktu itu mereka menyingkirkan Portugal dari babak 16 besar berkat gol semata wayang David Villa.

Meski begitu, tugas Spanyol untuk mengalahkan Portugal terbilang berat mengingat rivalnya itu baru menelan satu kekalahan dari sembilan laga terakhirnya di babak grup Piala Dunia.

Dan untuk laga nanti, Portugal akan berharap pada kebintangan Cristiano Ronaldo seperti yang diutarakan gelandang Manuel Fernandes.

“Mengingat dia [Ronaldo] adalah pemain penting untuk tim dan merupakan salah satu yang terbaik di dunia, ini normal bahwa kami mengandalkan dia,” kata Fernandes.  “Ini sangat normal, meski begitu Portugal keluar sebagai juara Eropa karena kerja sama tim, bukannya individu,” imbuhnya.

Adapun pemenang di laga nanti dipastikan akan memiliki rasa lega untuk menyambut tantangan ke depan.

PRAKIRAAN SUSUNAN PEMAIN:

Portugal (4-2-2): Patricio; Soares, Pepe, Alves, Guerreiro; B. Silva, Carvalho, Mario, Quaresma; Ronaldo, A. Silva.

Spanyol (4-3-3): De Gea; Odriozola, Pique, Ramos, Alba; Thiago, Busquets, Iniesta; Isco, Costa, D. Silva.

TAHUKAH ANDA?

  • Satu-satunya pertemuan Portugal dan Spanyol di Piala Dunia terjadi pada 2010 lalu. Spanyol menang 1-0 di babak 16 besar lewat gol semata wayang David Villa.
  • Empat pertemuan antara Portugal dan Spanyol di turnamen mayor (Piala Dunia + Euro) hanya menghasilkan empat gol.
  • Portugal sukses lolos tujuh kali ke Piala Dunia. Ini merupakan penampilan kelima mereka secara beruntun, setelah sebelumnya hanya lolos dua kali dari 15 turnamen Piala Dunia.
  • Portugal berusaha untuk menjadi tim keempat yang mampu mengawinkan gelar Euro dan Piala Dunia setelah Jerman Barat (Euro 1972, Piala Dunia 1974), Prancis (Piala Dunia 1998, Euro 2000) dan Spanyol (Euro 2008, Piala Dunia 2010, Euro 2014).
  • Portugal baru kalah sekali dari sembilan pertandingannya di babak grup Piala Dunia (0-4 vs. Jerman pada 2014), selagi mereka menang lima kali dan imbang tiga kali.
  • Hanya satu dari 43 gol Portugal di Piala Dunia yang dicetak dari luar kotak penalti, yakni lewat kaki Deco saat melawan Iran pada 2006 silam.
  • Hanya Inggris dan Spanyol (3) yang kebobolan gol lebih sedikit ketimbang Portugal (4) di babak kualifikasi Piala Dunia 2018.
  • Spanyol sukses lolos 15 kali ke Piala Dunia dan ini merupakan kali ke-11 secara beruntun buat mereka, yang mana menjadi streak terpanjang.
  • Spanyol finis sebagai pemuncak babak grup di tiga dari empat edisi Piala Dunia terakhir. Meski begitu, mereka baru menang dua kali dari 12 laga pembuka di turnamen (D3 K7).
  • Tidak ada satupun dari 14 laga Spanyol di Piala Dunia yang berakhir imbang (M10 K4). Mereka kalah tiga kali dari enam laga terakhirnya di babak grup (M3), setelah selalu menang di tujuh laga sebelumnya.
  • Cristiano Ronaldo menjadi pemain yang paling sering terlibat gol di babak kualifikasi Piala Dunia 2018, dengan rincian 15 gol dan tiga assists. Meski begitu, dia tidak pernah mencetak gol ke gawang Spanyol (340 menit).
PREDIKSI: Portugal 2-2 Spanyol

 

Source link

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in Piala Dunia 2018