Connect with us

Liga Eropa

Preview Pertandingan Liga Europa: Marseille vs Atletico Madrid

Preview Pertandingan Liga Europa: Marseille vs Atletico Madrid

PREVIEW Final Liga Europa: Olympique Marseille – Atletico Madrid

Marseille berambisi menjadi tim pertama yang memenangi Liga Europa, namun mereka harus menghadapi tantangan Atletico Madrid.

Olympique Marseille akan menghadapi Atletico Madrid di final Liga Europa di Stade de Lyon di Kamis (17/5) dini hari WIB, dengan klub besutan Rudi Garcia itu berambisi menjadi tim Prancis pertama yang bisa menjuarainya.

Sementara itu, Atletico Madrid, yang tidak bisa didampingi Diego Simeone setelah dirinya diusir di semi-final kontra Arsenal, juga berambisi bisa menjuarai gelar Eropa yang ketiga sejak 2010.

Kelolosan ke final ini menegaskan performa roller-coaster Atletico di musim ini. Dari yang biasanya menjadi sebuah tim yang menyulitkan klub-klub top, Antoine Griezmann dkk. malah harus tersingkir lebih dini di babak grup Liga Champions, dengan finis di belakang AS Roma dan Chelsea.

Meski begitu, Simeone berserta pasukannya berhasil menemukan semangat yang dibutuhkan untuk bangkit setelah kegagalan yang disebutkan di atas. Mereka tampil trengginas di babak gugur Liga Europa dan juga sudah memastikan diri finis runner-up di La Liga musim ini.

Los Rojiblancos berpeluang meraih gelar Eropa pertama mereka sejak 2012 ketika mereka memenangi Liga Europa. Selain itu, klub asal ibukota Spanyol itu juga berpotensi meraih trofi pertamanya sejak empat tahun terakhir, ketika mereka merengkuh titel La Liga dan Supercopa de Espana.

Di sisi lain, Marseille juga bisa mengakhiri kompetisi domestik di posisi kedua mengingat mereka hanya tertinggal tiga poin dari AS Monaco dengan menyisakan satu pertandingan lagi. Namun, mereka masih memiliki peluang besar untuk tidak mengamankan tiket Liga Champions untuk tahun depan, meski mereka memiliki dua peluang untuk mencapai itu.

Marseille masih bisa bersaing dengan AS Monaco dan Olympique Lyon dalam perebutan tiket Liga Champions, yang hanya tersedia untuk tiga klub, dengan satu tempat sudah diisi Paris Saint-Germain. Harapan juga ada di final Liga Europa karena sang pemenang berhak mendapat tiket ke kompetisi terakbar di Eropa, namun tim yang harus dihadapi adalah Atletico.

Kedua tim pernah bertemu di babak grup Liga Champions, yakni pada musim 2008/09. Pertandingan pertama di Vicente Calderon berakhir berupa kemenangan 2-1 untuk Atletico, sedangkan pertemuan kedua di Velodrome berujung tanpa gol. Atletico finis sebagai runner-up, sedangkan Marseille hanya duduk di urutan ketiga.

Final di Lyon ini akan menjadi pertemuan yang ketiga antara Marseille dan Atletico dalam sejarah. Yang jelas, laga ini akan berjalan menarik mengingat kedua tim sama-sama memiliki ambisi untuk menjadi juara.

Prakiraan Susunan Pemain:

Marseille XI: Pele; Sarr, Rami, Gustavo, Amavi; Lopez, Sanson; Thauvin, Ocampos, Payet, Germain.

Atletico Madrid XI: Oblak; Juanfran, Godin, Savic, Luis; Correa, Gabi, Saul, Koke, Costa, Griezmann.

Tahukah Anda?

  • Ini akan menjadi pertemuan pertama antara Marseille dan Atletico Madrid di kompetisi Eropa sejak musim 2008/09, ketika tim asal Spanyol tidak terkalahkan lawan mereka di babak grup Liga Champions (W1 D1).
  • Marseille akan bersaing di final Piala UEFA/Liga Europa yang ketiga di pertandingan ini, dan mereka sedang memburu kemenangan pertama menyusul kekalahan di tangan Parma pada musim 1998/99 dan Valencia pada musim 2003/04.
  • Les Olympiens ingin menjadi tim Prancis pertama yang memenangi kompetisi besar Eropa sejak 1995/96, ketika PSG mengalahkan SK Rapid Wien di Piala Cup Winners.
  • Ditambah, pertandingan ini akan menjadi saksi tim Prancis dan Spanyol akan berhadap-hadapan di final Eropa untuk pertama kali sejak kekalahan 2-0 untuk Marseille lawan Valencia pada 2003/04.
  • Ini akan menjadi final Diego Simeone yang keempat di Eropa sejak ia menangani Atletico pada 2011/12–pelatih asal Argentina itu kalah di dua finalnya, namun ia menjuarai final Liga Europa sebelumnya pada 2011/12.
  • Dalam enam kesempatan sebelumnya, tim asal Spanyol mencapai final Liga Europa, hanya satu darinya tidak bisa menang–namun, itu terjadi pada 2011/12 ketika Athletic Bilbao dikalahkan sesama klub Spanyol, Atletico (0-3).
  • Kemenangan buat Los Colchoneros di pertandingan ini akan membuat mereka menyamai Sevilla sebagai tim yang memenangi Liga Europa dengan lebih banyak (tiga kali).
  • Sejak awal musim 2013/14, klub-klub Spanyol memenangi tujuh dari kemungkinan delapan trofi Liga Champions dan Liga Europa kalau dikombinasikan, dengan Manchester United memenangi kompetisi ini pada musim lalu sebagai satu-satunya perkecualian.
  • Marseille memenangi empat dari 15 pertandingan lawan tim-tim Spanyol di kompetisi Eropa (D3 L8)–namun, setengah dari kemenangan-kemenangan itu terjadi dalam dua pertandingan terakhir, mengalahkan Athletic Bilbao di dua leg di babak 16 besar pada musim ini.

 

Source link

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in Liga Eropa