Connect with us

Bolamezzo

Perlengkapan Sepak Bola Unik yang Dipakai oleh Para Pemain

Perlengkapan Sepak Bola Unik yang Dipakai oleh Para Pemain

Perlengkapan sepak bola bukan hanya sekadar seragam dan juga sepatu. Beberapa perlengkapan atau aksesoris ini memiliki beberapa manfaat. Ada yang dipakai untuk meningkatkan kemodisan, seperti scarf, headband, wristband, sleeves, dengan lubang di bagian jari jempol dan lain-lain.

Selain untuk penampilan, beberapa perlengkapan tentunya digunakan untuk melindungi tubuh. Contohnya, ada shin guard yang dipakai untuk melindungi tulang keringmu, sarung tangan yang digunakan oleh kiper, dan ada juga kinesio tape yang dipercaya meningkatkan penampilan dan juga membantu proses pemulihan.

Namun, perlengkapan di bawah ini bisa dibilang spesial karena hanya segelintir pemain saja yang pernah memakainya. Alasannya karena cedera, penyakit, pelindung, dan juga untuk kebutuhan sang pemain sendiri.

Helm pelindung

Petr Cech mungkin adalah satu-satunya kiper yang menggunakan helm pelindung ketika bermain. Kiper asal Republik Ceko ini harus menggunakan helm di setiap pertandingannya setelah mengalami cedera kepala ketika masih berseragam Chelsea. Kala berhadapan dengan Reading, Cech berbenturan dengan salah satu pemain lawan, Stephen Hunt. Karena benturan itulah, Cech harus menggunakan helm untuk melindungi kepalanya hingga saat ini.

Topeng pelindung

Banyak pemain yang sudah memakai topeng pelindung ini. Tanya saja Chelsea yang pemain-pemainnya sering terlihat memakai pelindung di wajah ini. Mulai dari kiper mereka dulu, Cech, sampai mantan penyerang mereka, Diego Costa, pernah memakai perlengkapan ini. Biasanya, para pemain menggunakan topeng khusus ini setelah mengalami cedera patah tulang hidung atau cedera tulang pipi.

Foto: World Soccer Talk

Kacamata khusus

Kacamata yang digunakan di pertandingan sepak bola bukan kacamata biasa. Salah satu pemain yang terkenal karena memakai kacamata khusus adalah Edgar Davids. Pemain asal Belanda ini harus memakai kacamata karena penyakit mata bernama glaukoma yang dideritanya saat bermain untuk Juventus. Glaukoma sendiri menyebabkan kerusakan pada saraf optik dan kehilangan penglihatan. Perlengkapan ikonik dari seorang legenda.

Headguard

Perlengkapan ini hampir sama seperti helm yang digunakan oleh Cech, namun pelindung kepala ini berbentuk seperti headband. Wayne Rooney pernah terlihat menggunakan pelindung kepala setelah mengalami cedera saat berhadapan dengan Manchester City.

Foto: Telegraph

Pelindung gigi

Pelindung gigi tidak hanya digunakan oleh para petinju saja. Beberapa pemain pernah terlihat menggunakan pelindung ini, salah satunya Heurelho Gomes. Seperti namanya, tentunya alat ini digunakan untuk melindungi gigi jika terjadi benturan. Mungkin, Gomes tidak mau mengalami apa yang terjadi dengan Peter Crouch, yang kehilangan beberapa gigi ketika bermain untuk Stoke City.

GP Sport

Tentunya, kalian akan bertanya-tanya ketika melihat nama perlengkapan yang satu ini. Ya, pria juga bisa menggunakan GP Sport. Alat ini pernah digunakan oleh penyerang asal Swedia, Zlatan Ibrahimovic. Dalam satu kesempatan ketika masih berseragam Paris Saint-Germain (PSG), Ibra kedapatan memakai alat ini. Usut punya usut, ternyata GP Sport ini digunakan untuk melacak performa sang pemain.

Foto: Sports Wearable

 

Source link

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Bolamezzo