Connect with us

Liga Inggris

Kepa dan Kutukan Pemain Termahal Chelsea Asal Spanyol

Kepa dan Kutukan Pemain Termahal Chelsea Asal Spanyol

London – Chelsea punya catatan tak bagus saat memboyong pemain Spanyol dengan harga selangit. Apakah Kepa Arrizabalaga bisa memutus “kutukan” tersebut?

Ditinggal Thibaut Courtois yang hijrah ke Real Madrid, Chelsea langsung bergerak cepat dengan memboyong Kepa dari Athletic Bilbao. Tapi, The Blues harus mengeluarkan uang banyak untuk menebusnya.

Baru saja memperpanjang kontrak dengan Bilbao Januari lalu, Kepa dihargai 80 juta euro (Rp 1,3 triliun) yang merupakan rilis pelepasannya. Alhasil, Kepa jadi kiper termahal dunia mengalahkan rekor Alisson Becker yang diboyong Liverpool dari AS Roma bulan lalu.

Tak cuma menjadikan Kepa kiper termahal, Chelsea juga mencatatkan rekor transfer termahal sepanjang sejarah klub atas nama pemain Spanyol. Sebelum Kepa, Chelsea membeli Fernando Torres dan Alvaro Morata dengan banderol mahal.

Saat memboyong Torres dari Liverpool pada Januari 2011, Chelsea harus mengeluarkan uang 50 juta pound yang membuatnya jadi pemain termahal Premier League saat itu. Sementara tahun lalu saat membeli Morata dari Madrid, Chelsea mengeluarkan uang 60 juta pound.

Sayangnya dua pembelian termahal itu tak berbanding lurus dengan kontribusi di atas lapangan. Torres memang berhasil memberikan gelar Liga Champions dan Liga Europa, tapi produktivitasnya menurun jauh dari saat berseragam Liverpool.

Fernando Torres gagal bersinar bersama Chelsea (Clive Rose/Getty Images)

Selama 4,5 musim menjadi biru-biru, Torres “cuma” bikin 45 gol dari 172 penampilan. Catatan terbaiknya adalah 22 gol di musim 2012/2013 yang diraihnya dari 64 pertandingan atau rataan satu gol per tiga pertandingan. Torres akhirnya dilepas ke Atletico dua tahun lalu.

Sementara itu, Morata sebenarnya tampil menjanjikan di awal musim 2017/2018 ketika dia mampu bikin 10 gol saat Premier League memasuki bulan Desember. Tapi, cedera dan inkonsistensi penampilan membuat Morata cuma bisa menambah lima gol di sisa musim.

 

Kepa dan Kutukan Pemain Termahal Chelsea Asal Spanyol
Alvaro Morata cuma bikin 15 gol musim lalu (Clive Rose/Getty Images)

Performa itu membuat Morata disebut-sebut bakal dilego musim panas ini. Kini beban beralih ke pundak Kepa yang dituntut menggantikan sosok Courtois di bawah mistar.

Fans Chelsea tentu berharap Kepa bisa membuat cerita berbeda ketimbang Torres dan Morata. Banyaknya pemain Spanyol di Chelsea akan sangat membantu proses adaptasi Kepa. So, kita tunggu saja!

(mrp/din)


Source link

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in Liga Inggris