Connect with us

Liga Amerika Latin

Brasil Kalah, Tim Amerika Selatan Habis

Brasil Kalah, Tim Amerika Selatan Habis

Kazan – Brasil harus menerima kekalahan 1-2 dari Belgia pada perempatfinal Piala Dunia 2018 di Kazan Arena, Sabtu (7/7/2018) dini hari WIB. Hasil ini memastikan tak ada lagi tim Amerika Selatan yang bertahan.

Brasil menjadi satu-satunya harapan Amerika Latin setelah Uruguay kalah dari Prancis 0-2. Namun, Belgia berhasil menghapus asa Brasil untuk terus melaju lewat gol bunuh diri Fernandinho dan tembakan keras Kevin De Bruyne, yang cuma dibalas Brasil melalui sundulan Renato Augusto.

Sebelumnya, tim-tim Amerika Selatan yang lain seperti Argentina dan Kolombia, juga gagal memperlihatkan performa terbaik di Piala Dunia 2018.

Argentina kalah 3-4 dari Prancis di babak 16 besar, sedangkan Kolombia harus menerima fakta takluk dari Inggris melalui adu penalti pada babak yang sama. Selain keempat tim tersebut, Peru gugur lebih cepat karena tak mampu melewati babak penyisihan grup.

Kekalahan Brasil memastikan bahwa tim-tim yang tersisa di Piala Dunia 2018 datang dari Eropa. Selain Prancis dan Belgia yang sudah lolos ke semifinal, Rusia, Kroasia, Inggris, serta Swedia akan memperebutkan dua tempat lainnya.

Menariknya, Piala Dunia terakhir yang diselenggarakan di Eropa yakni Jerman 2006, empat tim yang menjadi semifinalis pun semuanya dari Eropa. Saat itu, Jerman, Portugal, Prancis, dan Italia yang mencapai titik tersebut.

Sepanjang sejarah Piala Dunia, ini menjadi kelima kalinya semifinalis hanya datang dari tim-tim Eropa. Selain 2018 ini dan 2006, hal itu juga terjadi pada 1982, 1966, dan 1934.

Fakta gugurnya Brasil juga mempertahankan tren apik tim Eropa di Piala Dunia. Sejak Piala Dunia 2006, tim dari Benua Biru yang mampu menjadi jawara turnamen sepakbola internasional terbesar ini. Mulai dari Italia (2006), Spanyol (2010), dan Jerman (2014).

Jika dihitung sejak 1990, cuma Brasil yang mampu dua kali menjadi juara Piala Dunia, yaitu pada 1994 dan 2002.

(mfi/raw)


Source link

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in Liga Amerika Latin