Connect with us

Bolamezzo

4 Destinasi Studi Pilihan Pencinta Sepak Bola

4 Destinasi Studi Pilihan Pencinta Sepak Bola

“Demam” Piala Dunia yang tengah berlangsung tentu membuat kita penasaran negara mana yang akan muncul sebagai juara tahun ini. Sambil menanti siapa bakal juara yang akan muncul, tidak ada salahnya untuk melirik negara-negara peserta Piala Dunia mana saja yang ternyata juga dapat menjadi destinasi pilihan studi.

QS World Ranking, lembaga pemeringkatan universitas dunia mencoba memilihkan destinasi studi untuk para pencinta bola:

01. Brasil

Dok. QS World Destinasi Studi Pecinta Sepakbola: Brasil

Sepak bola telah tertanam kuat sebagai “hasrat nasional” di Brasil. Warga Brasil lebih mencintai sepak bola daripada internet. Google pernah melakukan eksperimen saat Piala Dunia 2010 yang menunjukan bahwa penggunaan internet di Brasil berkurang secara drastis hampir 50 persen saat televisi menayangkan pertandingan kesebelasan nasionalnya.

Serta menjadi rumah fanatik sepak bola yang sangat tinggi, Brasil juga mendominasi universitas terbaik di Amerika Latin. Dalam peringkat QS Universitas Amerika Latin terbaru, Brasil menempatkan 83 dari 385 universitas terbaik di wilayah tersebut.

Di antaranya Universidade de São Paulo yang masuk dalam peringkat 121 dunia dan The University of Campinas peringkat 204 dunia.

Sao Paulo dan juga Rio de Janairo juga masuk dalam daftar peringkatan “Kota Pelajar” terbaik versi WQ World berada di posisi 4 dan 7 untuk kawasan Amerika Latin.

02. Inggris

Destinasi Studi Bagi Pecinta Sepakbola: InggrisDok. QS World Destinasi Studi Bagi Pecinta Sepakbola: Inggris

Sepak bola telah lama tertanam dalam budaya dan identitas nasional Inggris. Sebuah survei internasional tahun 2010 yang dilakukan Heineken menyebut fans Inggris sebagai yang paling “gila sepak bola”, dengan rata-rata 2 jam 22 menit per minggu menonton sepak bola dan tambahan 3 jam dan 21 menit membahasnya.

Tim sepak bola Inggris juga beberapa paling terkenal secara internasional. Kesebelasan sepak bola paling banyak diikuti dunia di media sosial, lima dari 10 tempat teratas adalah tim Inggris dengan Manchester United di tempat ke-3, diikuti oleh Chelsea (ke-4), Arsenal (ke-5), Liverpool (ke-8) dan Manchester City (ke-10).

Tentu saja, Inggris juga memiliki reputasi terbaik di seluruh dunia untuk universitasnya, berada di posisi kedua setelah AS dalam peringkat internasional.

The University of Oxford dan University of Cambridge adalah universitas kelas dunia dalam peringkat internasional di posisi 5 dan 6.

Bahkan untuk tahun 2018 ini, London menggeser posisi Montreal sebagai “Kota Pelajar” terbaik dunia versi QS World Ranking.

03. Afrika Selatan

Destinasi Studi Bagi Pecinta Sepakbola: Afrika SelatanDok. QS World Destinasi Studi Bagi Pecinta Sepakbola: Afrika Selatan

Selanjutnya adalah Afrika Selatan, tuan rumah Piala Dunia 2010. Selain menjadi negara Afrika pertama yang menjadi tuan rumah Piala Dunia, Afrika Selatan juga merupakan rumah bagi tiga universitas berperingkat tertinggi di benua itu, yang dipimpin oleh Cape Town Univerisity yang masuk dalam 200 terbaik dunia. Dari 10 universitas terbaik di benua Afrika, 6 di antaranya berada di Afrika Selatan.

03. Korea Selatan

Destinasi Studi Bagi Pecinta Sepakbola: Korea SelatanDok. QS World Destinasi Studi Bagi Pecinta Sepakbola: Korea Selatan

Di Asia, Korea Selatan meraih populasi terbanyak untuk pecinta sepak bola sekaligus menjadi negara dengan universitas terkemuka di Asia.

Piala Dunia 2002 menjadi tanda kemajuan pesat yang dicapai Korea Selatan. Dipilihnya Korea Selatan dan Jepang untuk menjadi tuan rumah bersama merupakan hasil dari fanatisme dan ketertarikan warga Korea dalam sepak bola.

Dipimpin pelatih asal Belanda, Guus Hiddink, tim nasional Korea Selatan mengejutkan dunia dengan mengalahkan tim Italia yang kuat dan melaju hingga ke semifinal untuk pertama kalinya bagi sebuah tim dari Asia. Antusiasme para pendukungnya, yang dipanggil “setan merah”  juga menarik perhatian para penonton.

Negara ini telah memantapkan dirinya di antara pusat pendidikan tinggi terkemuka di Asia, dan di QS Asia University Rankings terbaru, menempatkan 6 universitas dari 20 tempat teratas.

Seoul masuk menempati posisi 10 sebagai Kota Pelajar terbaik di dunia atau menempati posisi ke dua setelah Tokyo, Jepang untuk peringkat Asia.

04. Spanyol

Destinasi Studi Bagi Pecinta Sepakbola: SpanyolDok. QS World Destinasi Studi Bagi Pecinta Sepakbola: Spanyol

Eropa Barat penuh dengan populasi penggila sepak bola, jadi merupakan pilihan sulit di untuk memasukan negara mana dalam daftar ini. Jerman, Italia, dan Prancis semuanya memiliki prestasi sepak bola dan juga universitas yang berkualitas.

Pada akhirnya, QS World Ranking memilih Spanyol, pemenang Piala Dunia 2010.

Menurut daftar yang disebutkan di atas, Barcelona dan Real Madrid Spanyol adalah dua tim sepak bola paling banyak diikuti dunia di media sosial.

Selain memiliki 2 tim sepak bola yang paling terkenal, Barcelona dan Madrid juga memiliki 5 universitas dengan peringkat tertinggi di negara itu. Kedua kota ini juga masuk dalam 50 kota terbaik dunia untuk studi internasional, dalam “QS Best Student Cities”.

Tempat terhormat juga diberikan kepada Rusia, tuan rumah Piala Dunia tahun ini, dan juara bertahan Piala Dunia terakhir, Jerman, yang juga merupakan salah satu tujuan studi paling populer dan terjangkau di dunia.

Of course, the UK is also highly reputed worldwide for its universities, coming second only to the US both in terms of its presence in the international rankings tables and the number of international students it enrolls each year.

 

Source link

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in Bolamezzo