Connect with us

Bolamezzo

11-5-1985: Petaka Puntung Rokok di Stadion Bola Inggris, 50 Orang Tewas

11-5-1985: Petaka Puntung Rokok di Stadion Bola Inggris, 50 Orang Tewas


London – Sebanyak 50 orang tewas dalam kebakaran yang melanda tribun stadion sepak bola di Kota Bradford, Inggris, hari ini pada 1985 silam.

Klub sepak bola kebanggaan setempat, Bradford FC, dijadwalkan bertanding melawan Lincoln City FC pada sore hari di hari yang sama.

Banyak penggemar datang memenuhi stadion untuk merayakan kebangkitan Bradford FC, pasca-klaim bangkrut pada dua tahun sebelumnya.

Laga tersebut juga menjadi peluang bagi Bradford dalam meraih poin tinggi di kejuaraan liga, di mana menjadi promosi jitu untuk naik ke divisi kedua yang lebih bergengsi. Demikian Today In History dikutip dari History.com pada Kamis (10/5/2018).

 

Menjelang akhir babak pertama, kebakaran terjadi di salah satu ujung tribun utama. Meskipun beberapa penonton berlarian ke tepi lapangan sepak bola untuk menyelamatkan diri dari kobaran api, tapi pengelola stadion tidak juga memberi respons cepat terhadap hal tersebut.

Dalam beberapa menit, api menyebar hingga ke bagian rangka atap berbahan kayu, dan dengan cepat menelan kipas di bawahnya. Hanya butuh waktu sekitar empat menit hingga seluruh bagian atap terbakar, dan kemudian runtuh.

Total 56 orang tewas dan ratusan lainnya terluka dalam insiden kebakaran maut itu. Korban mayoritas para penggemar sepak bola yang sengaja datang untuk mendukung klub idola masing-masing.

“Saya belum pernah melihat yang seperti ini. Asapnya mencekik. Saya menjamin Anda tidak bisa bernafas di sana,” Kata Geoffrey Mitchell, salah seorang korban selamat.

 

Tata Kelola Keuangan Belum Pulih

Sebelumnya, meski kobaran api mulai terlihat di salah satu sudut tribun, banyak penonton tetap menari dan bernyanyi, seolah-olah tidak ada ancaman bahaya yang mengintai.

Bahkan, beberapa di antaranya ada yang melempari para kru televisi dan petugas keamanan dengan batu, mengira mereka disorot atas kegaduhan yang dibuatnya.

Pihak kepolisian yang menangani kasus kebakaran maut ini, menduga kuat petaka tersebut berkaitan dengan akumulasi sampah plastik dan kertas, yang menumpuk di banyak baris bangku penonton.

Kemungkinan besar, menurut polisi, kobaran api dipicu oleh puntung rokok yang masih menyala, dan dengan cepat membakar sebaran sampah di lantai tribun.

Selain menimbulkan korban jiwa dan luka, kebakaran itu juga menjadi ‘pukulan menyakitkan’ bagi Bradforc FC, yang belum benar-benar pulih menata keuangannya.

Padahal, beberapa bulan setelah pertandingan penentu antara Bradford FC dan Lincoln City FC, pihak manajemen klub setempat telah berencana mengganti seluruh atap kayu, dengan rangka dari besi baja.

Source link

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

More in Bolamezzo